Berita

    Featured Image

    Tips Rumah Tetap Aman Selama Ditinggal Mudik

    Selama mudik lebaran, rumah akan ditinggalkan dalam keadaan kosong selama beberapa hari. Rumah yang kosong memicu kekhawatiran tersendiri mengingat adanya potensi kejahatan seperti pencurian atau perampokan.

    Selain potensi kejahatan, potensi bencana seperti kebakaran pada rumah yang kosong juga patut diwaspadai. Agar rumah tetap aman selama ditinggal mudik, berikut beberapa tips yang dapat kalian lakukan berikut ini:

            1. Nyalakan Beberapa Lampu Rumah

    Lampu teras yang dibiarkan pada akan menyebabkan rumah terlihat gelap pada malam hari. Rumah yang terlihat gelap menandakan pemiliknya sedang tidak ada di rumah. Oleh karena itu, kalian harus menyalakan lampu teras dan beberapa bagian rumah untuk membuat rumah terlihat terang.

    Akan tetapi, jangan biarkan lampu kalian menyala sepanjang waktu. Lampu yang terus menyala pada siang hari dapat menjadi pertanda bahwa pemilik rumah sedang bepergian, sehingga menarik perhatian pencuri. Sebagai gantinya, gunakan lampu pintar yang bisa mendeteksi intensitas cahaya dan memiliki timer, sehingga lampu akan padam pada pagi hingga sore hari. Jika tidak memiliki lampu pintar, sebaiknya anda meminta pertolongan kepada tetangga untuk menyalakan dan mematikan lampu teras.

            2. Tidak Meninggalkan Barang-Barang Berharga

    Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah dan lain-lainnya sebaiknya tidak ditinggalkan di rumah. kalian dapat menitipkannya di safe deposit box di bank atau di kantor kepolisian. Jika mudik menggunakan kendaraan umum, kunci kendaraan bermotor beserta surat-suratnya, harus dibawa dan tidak ditinggalkan di rumah yang kosong.

            3. Cabut Aliran Listrik dan Gas

    Barang-barang berharga seperti perhiasan, uang tunai, sertifikat rumah dan lain-lainnya sebaiknya tidak ditinggalkan di rumah. Kalian dapat menitipkannya di safe deposit box di bank atau di kantor kepolisian. Jika mudik menggunakan kendaraan umum, kunci kendaraan bermotor beserta surat-suratnya, harus dibawa dan tidak ditinggalkan di rumah yang kosong.

            4. Matikan Air

    Tidak ada untungnya untuk tetap menyalakan saluran air dan keran ketika kalian meninggalkan rumah saat mudik. Mematikan saluran air bertujuan untuk memastikan keranmu tidak mengalir sehingga air terbuang dengan sia-sia

            5. Mematikan Semua Perangkat Listrik