Berita

    Mengenal Rangkaian Inverter Mobil dan Cara Memasangnya

    Anda tentu paham bahwa di dalam mesin mobil terdapat rangkaian inverter mobil yang berfungsi vital. Nah, inverter ini merupakan bagian yang kompleks sekaligus penting. Karena komponen satu ini berhubungan dengan kelistrikan pada bagian mobil Anda.

    Pada artikel kali ini akan dijelaskan tentang definisi singkat inverter mobil beserta jenis-jenisnya. Sebaiknya ketahui bagaimana cara memasang komponen ini. Lebih jelasnya, simak ulasan di bawah ini!

    Definisi Singkat dan Jenis-Jenis Rangkaian Inverter Mobil

    Untuk mendefinisikan secara singkat apa itu inverter mobil, yaitu sebuah rangkaian listrik yang fungsinya mengubah tegangan DC menjadi AC. 

    Anda juga dapat menyebut inverter ini sebagai adaptor kelistrikan mobil Anda. Jadi, definisi dari inverter mobil adalah sebagai “jembatan” antara tegangan DC dan AC agar menciptakan tegangan listrik agar mobil menyala.

    Adapun banyak sekali jenis-jenis dari inverter mobil yang wajib Anda ketahui. Tentunya jenis-jenis ini dapat bermanfaat bagi Anda yang ingin memilih inverter yang cocok untuk mobil Anda. Berikut ini 4 jenis rangkaian inverter pada mobil yang patut diketahui, yaitu:

    • VSD (Variable Speed Drive)

    Jenis inverter pada mobil yang pertama adalah Variable Speed Drive atau VSD. Jenis satu ini terdapat dua komponen, yaitu inverter dan rectifier. 

    Keduanya memiliki fungsi berbeda, yang mana inverter sebagai komponen yang mentransfer tegangan DC ke AC pada mobil.

    Sedangkan, peran dari rectifier ini sebaliknya yaitu mengkonversikan tegangan AC ke DC dan sejenisnya. 

    Tujuan untuk mengkonversikan tegangan listrik ini adalah agar frekuensinya dapat diatur. Inverter jenis VSD biasanya terdapat pada kendaraan mobil atau motor listrik.

    • Inverter Pure Sine Wave

    Inverter Pure Sine Wave menjadi jenis yang paling terbaik yang dapat Anda gunakan pada mobil. 

    Fungsinya sama saja seperti pada umumnya yaitu sebagai komponen untuk transfer tegangan listrik. Hanya saja inverter jenis ini memiliki karakteristik gelombang yang bekerja maksimal.

    Namun, keuntungannya jika Anda menggunakan inverter jenis ini adalah gelombangnya yang maksimal tetapi daya yang dikonsumsi sedikit. Walaupun kekurangannya adalah ada pada biaya yang mahal.

    • Square Sine Wave Inverter