Berita

    Featured Image

    Kenali Sparepart Mobil dan Manfaat Service

    Pengertian sparepart Mobil

    Bagi Anda yang memiliki kendaraan pribadi berupa mobil tentunya paham bahwa jenis transportasi ini membutuhkan perawatan yang mendetail dan rutin. Salah satu bagian yang membutuhkan perawatan tersebut adalah komponen penyusun atau  sparepart mobil.

    Sparepart merupakan komponen penyusun kendaraan yang berupa satu kesatuan dan memiliki fungsi tertentu. Setiap sparepart bisa memiliki fungsi yang terhubung antara satu bagian dengan bagian lainnya dan terdiri dari beberapa jenis. Ada beberapa jenis sparepart yang sangat penting untuk diketahui tingkat kualitasnya.

    Jenis Sparepart Mobil

    1. Orisinil

    Sparepart orisinil biasanya disebut Original Equipment Manufacturer (OEM) adalah jenis sparepart yang merupakan produk pabrikan asli. Bagian ini biasanya diproduksi oleh pihak pabrikan asal mobil atau perusahaan lain yang ditunjuk secara sah, mengingat tidak semua jenis sparepart bisa diproduksi oleh pihak pabrikan asal mobil.

    Jadi, sparepart yang tidak diproduksi oleh pabrikan asal mobil masih bisa terjamin keasliannya dan standar kualitasnya selama perusahaan itu merupakan mitra sah yang ditunjuk oleh pihak produsen mobil.

    2. Non-pabrikan atau Aftermarket

    Sparepart jenis ini sebenarnya tidak dibuat untuk kebutuhan inti kendaraan atau yang terhubung langsung dengan performa mesin mobil. Non-pabrikan biasanya hanya memproduksi sparepart sesuai keinginan klien. 

    Kegunaan sparepart jenis ini umumnya untuk membuat atau memproduksi onderdil untuk keperluan hobi, kustomisasi badan mobil, balap, dan berbagai keperluan lainnya. Pihak non-pabrikan yang memproduksi sparepart jenis ini seharusnya telah memiliki lisensi, sehingga kualitas produknya tetap sesuai standar dan bahkan bisa lebih bagus dibanding sparepart orisinil.

    3. KW

    Seperti halnya barang produksi lainnya, sparepart mobil pun ada yang berjenis KW. Jenis ini biasanya juga memiliki tiga level yang menentukan kualitas sparepart dan memiliki beberapa perbedaan pada masing-masing penampilannya.

    Penggunaan jenis sparepart ini tidak dianjurkan mengingat kualitas barang yang diproduksi belum tentu memenuhi standar pabrikan  asal mobil. Selain tidak ada lisensi dari pabrikan asal mobil, penggunaan sparepart KW bisa menurunkan faktor keamanan mobil Anda dan berdampak pada keselamatan Anda sebagai pengendara mobil.