Berita

    Tenang! Berikut Penyebab Mobil Susah Distarter dan Cara Mengatasinya

    Pada saat-saat tertentu, Anda bisa mengalami kendala berupa mobil susah distarter. Jika hal ini terjadi, sebaiknya Anda tidak langsung panik atau bingung, tetaplah tenang dan coba mulai cari penyebabnya.

    Ada berbagai penyebab yang bisa menjadi pemicunya, mulai dari masalah busi hingga koil yang terlalu panas. Anda perlu mencari tahu penyebab tersebut, sehingga bisa menanganinya dengan tepat.

    Penyebab Mobil Susah Distarter dan Cara Menanganinya

    Berikut adalah berbagai hal yang bisa menjadi penyebab sulitnya melakukan starter mobil. Sesuai dengan permasalahannya, Anda bisa melakukan berbagai cara penanganan.

    • Ada Masalah di Komponen Busi

    Jika busi mobil Anda rusak atau kotor, maka bunga api yang dibutuhkan pun menjadi terhambat. Padahal, itu merupakan elemen penting untuk membuat mesin mobil menyala ketika distarter.

    Karena ini merupakan penyebab yang cukup umum, maka sebaiknya Anda perhatikan dengan baik. Jika mobil susah distarter, coba perhatikan bagian busi di dalam ruang mesin mobil Anda.

    Jika benar businya kotor, segera bersihkan dengan cara digosok memakai pembersih khusus. Ketika sudah bersih, maka busi bisa kembali bekerja dengan normal dan tidak mengganggu starter mobil.

    Istockphoto.com

    Pastikan bahwa kebersihan dan kondisi busi telah terjaga dengan baik, sehingga fungsinya bisa berjalan optimal.

    • Aliran dari Bahan Bakar Terkendala

    Alasan pertama yang bisa menyebabkan mobil susah distarter yaitu mungkin karena aliran bahan bakarnya mengalami masalah.

    Jika bahan bakar tidak bisa dialirkan dengan sempurna, maka mesin mobil pun tidak bisa mengangkat dengan normal dan menjadi berat untuk distarter.

    Umumnya, kondisi seperti ini disebabkan oleh lemahnya fuel pump dari bagian tangki menuju ke karburator.

    Untuk mengatasi hal ini, maka Anda bisa menghentak fuel pump yang berada di ruang mesin. Selanjutnya, fuel pump dapat berfungsi kembali dengan normal dan aliran bahan bakar pun menjadi lancar.

    • Dinamo Ampere atau Alternator Sudah Rusak

    Penyebab selanjutnya yang bisa membuat mobil susah distarter yaitu dinamo ampere atau alternator telah rusak. Fungsi dari komponen yang satu ini adalah mengalirkan listrik ke bagian aki mobil.