Berita

    Ketahui Fungsi Sunroof dan Moonroof Mobil

    Sunroof mobil maupun moonroof adalah suatu fitur yang kerap eksis dalam kendaraan roda empat, khususnya pada mobil-mobil mewah. Seperti namanya, sun atau moonroof berada di bagian atas dan berperan layaknya atap. Terlihat sepele, fitur ini sebenarnya cukup penting. 

    Penggunaan sunroof maupun moonroof akan berjalan sempurna ketika cuaca di luar mobil cerah nan sejuk. Untuk menggunakannya, pengendara mobil cukup menekan tombol tertentu, sehingga secara otomatis, kaca atau jendela dapat terbuka.

    Bagi Anda yang akan beralih menggunakan kendaraan mewah berfitur sun atau moonroof, saran terbaik yang dapat dilakukan adalah mencari tahu fungsi-fungsi dari fitur tersebut supaya bisa digunakan secara maksimal. Anda dapat membaca artikel ini untuk informasinya!

    Pengertian Sunroof Mobil

    Sunroof merupakan suatu model kaca atau jendela yang diinstal di bagian atas atau atap mobil. Bukan sembarang kaca maupun jendela, fitur satu ini dilengkapi kemampuan untuk membentuk suatu sudut ketika membuka dengan bagian belakang yang terangkat naik. 

    Ketika telah terbuka, kabin dapat menerima asupan udara segar langsung dari luar mobil begitu juga dengan sinar matahari. Sekedar catatan, sunroof sangat direkomendasikan untuk digunakan ketika Anda tengah berkendara di area pegunungan bercuaca cerah!

    Pengertian Moonroof Mobil

    Sebenarnya, moonroof merupakan ‘bagian’ dari salah satu tipe sunroof. Jadi, apabila sunroof adalah teknologi kaca atau jendela jenis pertama yang diinstal pada atap mobil, maka cukup berbeda dengan moonroof karena ini adalah suatu pembaharuan atau versi upgrade

    Berbicara tentang dimensi, ukuran moonroof serupa atau sama dengan sunroof mobil. Akan tetapi, kaca atau jendela ini lebih cenderung memiliki keterbatasan, yakni hanya dapat mengakomodasi pengguna mobil yang berada di tempat pengemudi atau baris terdepan.

    Walaupun demikian, apabila moonroof maupun sunroof terbuka lebar, maka Anda dapat menikmati pemandangan di luar mobil lebih luas. Bahkan, Anda pun diizinkan untuk mengeluarkan tubuh dari atap atas mobil yang tengah terbuka.

    Fungsi Sunroof Pada Mobil

    Singkat kata, bentuk dan fungsi primer dari sunroof sebenarnya serupa dengan moonroof, yakni untuk memberi jangkauan pandang pengendara agar lebih luas – melalui atap mobil yang terbuka, tanpa keluar dari mobil.