Berita

    Mengenal Ciri - ciri Kerusakan Pada Kaki Mobil

    Biasanya saat membeli mobil bekas, ada banyak hal yang harus diperiksa secara teliti. Salah satunya adalah kaki-kaki mobil yang biasanya mengalami kerusakan. Kaki-kaki bermasalah sebenarnya ada banyak cirinya dan bila mengenalnya maka perbaikan dapat segera dilakukan.

    Dan berikut adalah beberapa ciri kaki-kaki mobil rusak

    • Arah roda berubah

    Salah satu cara sederhana untuk mengetahui kaku-kaki mobil rusak adalah dengan melihat arah pergerakan roda. Bila Anda berkendara terasa roda tidak stabil, maka kemungkinan terjadi kerusakan pada tie rod mobil. Perlu diketahui, pada mobil dengan sistem kemudi rack and pinion, bagian tie rod end dan long tie rod adalah komponen yang paling gampang terganggu.

    • Tapak ban terkikis

    Terkikisnya tapak ban bisa menjadi salah satu ciri dari kaki-kaki mobil rusak. Umumnya pengikisan permukaan ban yang tidak akan merata disebabkan oleh adanya kerusakan pada shockbreaker. Kerusakan shockbreaker juga menyebabkan rembesan oli menetes ke luar dari komponen tersebut.

    Untuk memastikan, coba genjot ujung kap mesin atau bagasi mobil beberapa kali menggunakan tangan. Kalau mobil hanya berayun sekali setelah tekanan tangan dilepaskan dari kap, itu tandanya shockbreaker Anda baik. Sebaliknya, bila mobil berayun beberapa kali maka artinya shockbreaker telah rusak.

    • Timbul bunyi dan roda bergoyang

    Ciri kerusakan kaki-kaki adalah roda mobil terasa kurang stabil dan bergoyang saat melintasi jalan bergelombang atau berlubang. Kondisi ini umumnya disebabkan oleh ball joint yang mengalami kerusakan. Gejala awal dari kerusakan ini adalah kaki-kaki mobil bunyi kletek kletek dan roda bergoyang saat di jalanan tak rata. Getaran pada roda ini juga bisa merembet ke bagian lingkar setir yang ikut tidak stabil.

    • Muncul suara dengung

    Selain itu, munculnya suara dengung juga menjadi salah satu ciri kerusakan kaki-kaki. Munculnya suara dengung tersebut biasanya disebabkan bearing yang sudah rusak. Tanda lainnya juga bisa berupa bunyi mirip logam tergerus saat Anda mengendarai mobil dalam kecepatan relatif rendah.

    • Mobil limbung saat di tikungan

    Limbung saat di tikungan juga merupakan salah satu ciri kerusakan pada kaki-kaki. Hal ini karena komponen pendukung kaki-kaki mobil telah rusak. Komponen pendukung yang dimaksud adalah bushing, seperti stabilizer dan swing arm yang gunanya untuk menstabilkan gerakan kendaraan saat di tikungan. Kalau bushing ini rusak, maka akan muncul suara kletek-kletek, mobil terasa melayang, dan limbung ketika harus berbelok.

    • Per bermasalah