Berita

    Untung Rugi Over Kredit Mobil

    Dalam era seperti sekarang ini, banyak orang yang tidak bisa lagi memperkirakan keadaan perekonomiannya. Tidak sedikit orang yang akhirnya tidak mampu lagi membayar cicilan mereka, termasuk rumah dan mobil.

    Untuk rumah, biasanya orang tersebut akan langsung melakukan over kredit untuk menghindari kerugian lebih besar. Hal ini sedikit berbeda dengan kredit kendaraan karena umumnya bila pemilik sudah tidak bisa membayar lagi maka akan ditarik oleh pihak leasing. Padahal, kendaraan juga bisa diajukan untuk over kredit sehingga pemilik kendaraan tidak akan merasa terlalu rugi.

    Over kredit atau sering disebut juga dengan take over kredit merupakan transaksi pengambilalihan cicilan kredit dari pihak pertama sebagai pemilik mobil kepada pihak kedua sebagai calon pembeli. Cara ini biasanya diambil ketika pemilik pertama tidak bisa melanjutkan cicilan sehingga dialihkan kepada pemilik kedua untuk melanjutkan cicilan sampai lunas sesuai tenor yang telah ditentukan.

    Sebagai timbal balik, pemilik pertama akan mendapatkan sejumlah uang sebagai kompensasi atas down payment (DP) dan cicilan yang sudah dibayarkan sebelumnya. Setelah penggantian kompensasi selesai, maka pihak kedua akan melanjutkan untuk melunasi sisa cicilan. Dengan cara over kredit, pihak pertama tidak memiliki kewajiban lagi untuk membayar cicilan karena sudah dialihkan kepada pihak pembeli.

    Keuntungan Over Kredit Mobil

    Melakukan transaksi cara over kredit mobil sebenarnya memberikan keuntungan untuk kedua belah pihak baik penjual maupun pembeli. Beberapa keuntungan jika kamu melakukan over kredit mobil antara lain:

    Bagi pihak pertama, akan mendapatkan keuntungan berupa pendapatan uang tunai dari penggantian pengeluaran atas kepemilikan mobil bekas sebelumnya.

    Bagi pihak kedua, akan mendapatkan keuntungan berupa mobil bekas dengan harga yang lebih murah jika dibandingkan dengan proses kredit mobil baru.

    Pihak kedua tidak perlu mencicil mobil terlalu lama karena cukup meneruskan sisa pelunasan cicilan dari pemilik pertama.

    Meski over kredit mobil menawarkan keuntungan untuk kedua belah pihak, namun jangan mudah tergiur harga over kredit yang murah sehingga justru mengesampingkan kondisi mobil. Hal ini karena berhubungan dengan keselamatan saat berkendara. Jadi pihak kedua harus memastikan kualitas mobil terlebih dahulu agar tidak mendapatkan kerugian di kemudian hari.

    Kerugian Over Kredit Mobil

    Jika tidak teliti dalam melakukan transaksi dengan benar, over kredit mobil juga bisa mendatangkan kerugian baik bagi pemilik pertama maupun bagi pemilik kedua. Oleh sebab itulah pastikan lakukan transaksi yang aman seperti over kredit mobil melalui notaris sehingga memiliki kekuatan hukum yang kuat.