Berita

    Simak Tips Aman Pencegahan Covid-19 Varian Omicron Saat Berkendara

    Negara-negara di seluruh dunia ditutup sementara untuk mencegah penyebaran COVID-19. Meskipun sudah banyak negara yang dibuka kembali dengan protokol kesehatan yang ketat, tetapi selama periode ketidakpastian ini, patut untuk Anda tetap membantu pemerintah dalam pencegahan Covid-19, terutama saat berkendara. 

    Bagaimana caranya? Inilah tips aman yang bisa Anda ikuti dalam cara pencegahan Covid-19 dan mengurangi risiko terjadinya penularan selama di jalan atau pada keluarga di rumah. 

            1. Dari Sisi Pengemudi

    • Menjaga Kebersihan Mobil

    Sama seperti Anda yang harus menjaga kebersihan diri ketika berada di tempat umum atau menggunakan fasilitas publik, Anda pun harus menjaga kebersihan mobil. 

    Caranya dengan mencuci dulu sebelum digunakan. Semprotkan disinfektan di bagian mana pun, mulai dari sisi pengemudi hingga bagian penumpang seperti gagang pintu, jendela, dan kursi. 

    • Kondisi Mobil ketika Berada di Jalan

    Sewaktu berada di jalan raya, biarkan jendela tetap terbuka jika memungkinkan. Anda juga dapat mempertimbangkan untuk mengenakan sarung tangan sebagai tindakan pencegahan serta mencuci tangan sebelum dan sesudah mengemudi. 

    Pastikan pula untuk selalu mengenakan masker selama mengemudi terutama ketika harus berkomunikasi dengan penumpang. Beri perlindungan antara bagian depan dan belakang agar lebih aman. 

    • Jaga Kebersihan Pribadi

    Bukan hanya mobil yang patut dijaga kebersihannya. Kebersihan diri Anda pun harus diperhatikan. 

    Gunakan sabun dan air untuk menggosok tangan setidaknya selama 20 detik. Anda juga dapat menggunakan larutan antibakteri dengan setidaknya 60% alkohol. 

    Hindari menyentuh wajah, jauhkan tangan dari mata, hidung, dan mulut sebanyak mungkin. Juga, jangan lupa untuk sering mendisinfeksi ponsel.

    • Berinteraksi dengan Penumpang

    Ketika berinteraksi dengan penumpang, sebisa mungkin hindari semua jenis kontak fisik termasuk jabat tangan. Jika memungkinkan, gunakan metode pembayaran yang cashless. Dengan cara ini Anda tidak perlu menangani uang tunai, penyebab umum infeksi.

    • Perhatikan Kondisi Kesehatan Tubuh

    Perhatikan kesehatan diri sendiri sebelum memutuskan untuk mengemudi. Jika Anda mengalami batuk, demam, atau gejala penyakit ringan lainnya, ada baiknya untuk istirahat dan tidak mengemudi.