Berita

    Tips Menggunakan Kaca Film pada Mobil

    Salah satu produk yang sangat berguna untuk melindungi ruang kabin pada mobil adalah menggunakan kaca film. Penggunaan kaca film pada mobil memiliki beberapa keuntungan untuk meningkatkan kenyamanan bagi penumpang

    Sebagai salah satu elemen dekoratif pada mobil, kaca film banyak digunakan untuk meningkatkan estetika pada tampilan eksterior sebuah kendaraan. Jika Anda tertarik menggunakan kaca film, mari simak tips dalam menggunakan kaca film untuk mobil di bawah berikut ini!

    Tips Menggunakan Kaca Film pada Mobil

    Sebelum menentukan kaca film, tentu Anda harus memahami bagaimana tips penggunaan yang tepat pada mobil Anda. Berikut langkah-langkah menggunakan kaca film mobil yang benar dan tepat.

    • Patuhi Peraturan Perundang-Undangan

    Penggunaan kaca film diatur oleh Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan. Selain itu, aturan ini juga diterbitkan melalui Peraturan Pemerintah Nomor 55 Tahun 2012 tentang Kendaraan.

    Dalam peraturan tersebut membahas tentang tingkat kegelapan kaca film yang harus dipatuhi oleh setiap pengguna mobil. Adapun tingkat kegelapan kaca film pada mobil tidak boleh melebihi 60% sehingga menyebabkan visibilitas terganggu dan bisa memicu pelanggaran hukum.

    • Pertimbangkan Spesifikasi Produk

    Saat memilih kaca film pastikan Anda harus mempertimbangkan beberapa hal meliputi tingkat transparansi, daya serap pantulan cahaya, hingga penambahan stiker pada lapisan kaca. Mengapa demikian? Tentu hal ini akan mempengaruhi kenyamanan Anda saat menggunakan mobil di perjalanan.

    kaca film

    Sesuai dengan poin sebelumnya, pastikan Anda memilih tingkat transparansi di bawah 60% untuk menjaga visibilitas pada pandangan sekitar. Hindari memilih kaca film yang menimbulkan pantulan dan menyilaukan. Adapun penambahan stiker sebenarnya bersifat opsional tergantung dengan kebutuhan penggunaan mobil Anda.

    • Pilih Merek Berkualitas

    Merek berkualitas tentu akan menawarkan product value yang bisa memberikan kenyamanan untuk pengguna mobil dengan maksimal. Misalnya mampu melindungi ruang dari suhu dan cuaca yang ekstrem dan lain sebagainya.

    Dengan perlindungan yang ekstra, kaca film berkualitas juga dapat memberikan visibilitas yang nyaman terhadap jarak pandang di lingkungan sekitar. Maka dari itu, saat membeli kaca film pastikan Anda mempertimbangkan merek yang berkualitas pula.

    • Sesuaikan dengan Budget

    Tips selanjutnya yang cukup penting, Anda perlu menyesuaikan budget yang akan dikeluarkan saat membeli kaca film. Tidak mengapa jika merek yang berkualitas memiliki harga yang sedikit lebih mahal dari produk sejenisnya.

    Produk yang berkualitas tentunya memiliki usia ketahanan yang lebih lama sehingga dapat digunakan dalam jangka panjang. Tips ini sangat membantu agar tidak salah dalam membeli produk abal-abal yang mungkin akan cepat rusak dan membutuhkan biaya tambahan untuk perbaikan.

    • Gunakan Teknisi Profesional

    Kaca film merupakan salah satu aksesoris mobil yang bisa meningkatkan tampilan mobil lebih menarik. Meski begitu, pemasangan kaca film ini tidak boleh dilakukan oleh sembarang orang.

    Ya, Anda harus menggunakan teknisi profesional untuk menghindari terjadinya kerusakan saat pemasangan. Anda juga bisa konsultasi terlebih dahulu untuk memperoleh kaca film sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat perjalanan lalu lintas.

    Itu dia beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat menggunakan kaca film pada mobil dengan tepat. Penting juga untuk selalu mentaati peraturan yang berlaku agar tidak melanggar hukum yang sudah ditetapkan dalam perundang-undangan.