Berita

    Tips Mengemudi! Cara Menyetir Mobil Manual di Tanjakan

    Ketika mengemudi mobil, Anda mungkin saja bertemu berbagai jenis medan, termasuk jalanan yang menanjak. Menyetir mobil di tanjakan tentunya lebih sulit dibanding menyetir di jalanan datar. Berbagai tips mengemudi perlu diperhatikan, terutama untuk mobil manual.

    Menyetir mobil manual tentunya berbeda dibanding mobil jenis matic, hal ini cukup terasa ketika berada di tanjakan. Namun tenang saja, Anda tetap bisa menyetir dengan baik jika memperhatikan berbagai tips ini.

    Tips Mengemudi Mobil Manual di Tanjakan

    Inilah hal-hal yang sebaiknya dilakukan ketika mengemudi mobil manual di tanjakan. Perhatikan dengan baik setiap tips di bawah ini dan pastikan Anda berkendara dengan aman dan nyaman.

    • Perhatikan Situasi dan Kondisi

    Situasi serta kondisi sekitar perlu Anda perhatikan sehingga bisa mengemudi dengan aman. Perhatikan tingkat kemiringan jalan, serta kondisi kemacetan di sekitarnya.

    • Pakai Rem Tangan jika Ada Kemacetan Panjang

    Ketika terjadi kemacetan panjang di tanjakan, maka ada baiknya Anda memilih memakai rem tangan.

    Hal tersebut bisa menjadi pilihan yang tepat karena jika terlalu menginjak rem kaki sekaligus memakai setengah kopling, maka kaki akan semakin mudah lelah.

    Kondisi pengemudi perlu diperhatikan, sehingga penting untuk mengetahui berbagai teknik yang bisa mencegah pengemudi cepat lelah. Kondisi ini menjadi semakin penting jika harus menempuh perjalanan jauh.

    • Cara Memakai Rem Tangan

    Tips mengemudi selanjutnya yaitu tentang pemakaian rem tangan. Jika akan memakai rem tangan, maka perlu diperhatikan bahwa pedal kopling perlu diinjak secara menyeluruh.

    Perhatikan posisi kaki kanan, sebaiknya berada dalam kondisi siaga untuk menginjak gas jika diperlukan. Selanjutnya, tangan kiri berada dalam kondisi siap untuk memainkan tuas rem.

    Jika mobil dalam kondisi berhenti, maka tarik rem tangan sekaligus injaklah kopling. Dengan begitu, mobil akan tertahan berhenti di jalanan menanjak dan mesinnya tetap hidup. Pastikan juga gigi mobil berada di posisi 1.

    Selanjutnya, jika hendak berjalan lagi, tekanlah bagian lock di tuas rem, lalu turunkan rem dengan perlahan. Dalam satu waktu, pedal rem perlu diinjak serta angkat kopling sampai ke posisi setengah.

    Jika akan berhenti lagi, angkatlah rem tangan dan injak bagian kopling, lakukan pengaturan secara bersama agar mobil tidak mundur.

    • Cara Memakai Rem Pedal