Berita

    Cara Mengidentifikasi Tanda-Tanda Rem Mobil Perlu Diservis

    Rem mobil sangat penting untuk dirawat secara berkala agar menjamin keselamatan pengemudi maupun penumpang yang ada di dalam kendaraan. Jangan sampai karena rem tidak mendapatkan perawatan berkala, ini membuat rem menjadi blong dan mobil susah dikendalikan.

    Untuk mengantisipasi hal tersebut, maka perlu melakukan identifikasi apa saja komponen mobil yang harus diservis. Terutama dalam komponen rem agar mencegah terjadinya resiko kecelakaan.

    Cara Identifikasi Rem Mobil

    Perawatan mobil yang baik harus dilakukan dengan cara mengidentifikasi kerusakan pada setiap bagian komponen kendaraan. Berikut cara mengidentifikasi tanda-tanda rem yang harus diservis:

    • Pedal Rem Terasa Empuk

    Pedal rem yang terasa empuk dan kenyal ketika ditekan, ini menunjukkan rem mobil sedang bermasalah. Kondisi ini menunjukkan rendahnya level minyak rem atau udar di saluran rem mobil Anda.

    Maka dari itu penting dipahami oleh setiap pengemudi untuk menyadari hal ini bisa membahayakan kemampuan mobil dalam menghentikan mobil. Oleh sebab itu, jika Anda berada dalam situasi seperti ini harus segera memperbaiki mobil ke servis terpercaya.

    • Suara Rem Mengganggu

    Rem yang perlu diservis bisa juga ditandai dengan sistem pengereman yang menghasilkan suara-suara yang cukup mengganggu. Suara rem yang aneh ini bisa menjadi tanda terdapat kerusakan pada bagian bantalan rem atau keausan.

    Bunyi tersebut bisa juga mengindikasikan bantalan rem mengkilap dan cengkeraman yang hilang. Apabila masalah ini dibiarkan, akan menyebabkan kurangnya kemampuan untuk melakukan pengereman dan membuat mobil berhenti lebih lambat.

    • Terjadi Getaran atau Guncangan

    Pernahkah mengalami terjadinya getaran atau guncangan saat mengerem mobil Anda? Jika ya, ini bisa menandakan adanya bagian yang bermasalah terutama pada komponen rotor rem.

    Getaran pada rem dan roda

    Kondisi rotor yang rusak atau melengkung dapat menurunkan kualitas rem Anda sehingga tidak dapat bekerja dengan optimal. Akibatnya, jarak berhenti mobil setelah melaju menjadi lebih jauh bahkan bisa membuat rem blong dan mobil sulit dikendalikan.

    • Bau Terbakar

    Saat mengerem dan Anda mencium bau terbakar, bisa jadi bantalan rem pada mobil dalam kondisi sangat panas. Suhu panas yang berlebih saat bantalan aus dapat menyebabkan gesekan karena kurangnya daya cengkeram rotor dan terjadi penumpukan panas.

    Hal inilah yang menyebabkan efisiensi pengereman menjadi berkurang dan bisa meningkatkan resiko kecelakaan. Maka dari itu, segeralah lakukan perbaikan sebelum menimbulkan masalah lebih fatal.

    • Rem Terlalu Sensitif

    Tanda-tanda rem perlu diservis bisa dikenali dengan kondisi rem yang terlalu sensitif. Kondisi rem yang menempel pada tekanan pedal juga dapat mengindikasi bantalan rem tersebut aus.

    Apabila bantalan rem aus, ini dapat menghambat kelancaran pengereman dan menyulitkan untuk mengendalikan pemberhentian. Jika hal ini dibiarkan, bisa mengakibatkan masalah yang cukup fatal hingga rem blong.

    • Lampu Peringatan di Dasbor

    Cara terakhir yang sangat mudah dikenali untuk mengetahui kondisi rem Anda adalah dengan mengecek lampu peringatan di dasbor. Lampu peringatan rem di dasbor yang menyala menandakan adanya masalah pada sistem rem.

    Hal ini dapat mengindikasi masalah seperti kualitas minyak rem yang rendah, bantalan rem aus, dan lainnya. Jika tidak segera diatasi, tentu dapat beresiko mengancam keselamatan pengguna dan penumpang mobil.

    Itu dia beberapa langkah yang bisa Anda lakukan untuk mengidentifikasi rem mobil agar segera diservis. Pastikan Anda melakukan pengecekan secara berkala dan melakukan perbaikan ke tempat servis terpercaya.