Berita

    Simak Teknik Mendorong Mobil Yang Benar

    Mogok adalah peristiwa yang mungkin sedikit menyebalkan bagi pengendara mobil. Jika hal tersebut terjadi, kemungkinan Anda harus mendorong mobil hingga mesin menyala kembali atau menemui bengkel terdekat untuk melihat keadaan mobil Anda.

    Mendorong kendaraan yang mogok memiliki beberapa teknik tertentu. Lebih detailnya dapat Anda lihat pada penjelasan berikut ini.

    Penyebab Mogok Sehingga Harus Mendorong Mobil

    Mogok pada mobil tentu tidak lepas dari suatu permasalahan. Untuk itu, Anda dapat melihat alasan kenapa mobil mogok pada penjelasan berikut ini.

    • Mobil Mengalami Overheat

    Salah satu penyebab mogok adalah overheat dimana kondisi ini dapat disebabkan oleh suhu yang panas. Kondisi ini juga dapat dipicu oleh menipisnya air radiator yang membuat proses pendinginan tidak efektif. 

    • Terjadi Penyumbatan pada Filter BBM

    Filter BBM dapat tersumbat ketika tempat bensin terkontaminasi saat melakukan pengisian bahan bakar. Hal ini dapat membuat mobil mogok mengingat bahan bakar memiliki peranan penting dalam menggerakkan mobil.

    • Keadaan Aki yang Tidak Prima

    Pemilik mobil seringkali disarankan untuk memeriksa aki secara rutin. Aki berperan dalam menghidupkan mesin pada mobil karena dengan menggunakan listrik. Karenanya, aki yang bermasalah dapat menjadi penyebab mobil mogok.

    • Alternator Mengalami Kerusakan

    Listrik dalam dapat disalurkan ke Aki dengan menggunakan alternator. Oleh karena itu, sama seperti aki, mogok bisa terjadi jika komponen ini mengalami gangguan.

    • Karburator Mengalami Kerusakan

    Rusaknya karburator dapat membuat mobil mogok. Ini dikarenakan kinerja karburator masih berkaitan dengan bahan bakar dan sistem pembakaran.

    • Dinamo Starter Mengalami Kerusakan

    Kerusakan dinamo starter ini jarang terjadi terutama pada pemilik mobil yang sangat telaten dalam merawat mobilnya. Penyebab utama dari rusaknya komponen ini adalah usia mobil dan tentunya pemilik mobil yang kurang memperhatikan keadaan mobil. Jika komponen ini rusak, Anda harus siap menghadapi mogok.

    Teknik Mendorong Mobil yang Mogok

    Tidak semua orang paham dengan mesin mobil sehingga mau tak mau Anda harus membawa mobil Anda ke bengkel terdekat untuk diperbaiki. Untuk mendorong mobil itu sendiri diperlukan beberapa teknik tertentu, diantaranya:

    • Tindakan untuk Mobil Matik