Berita

    Mengenal Bagian pada Audio Mobil dan Fungsinya

    Saat ini, hampir setiap jenis kendaraan sudah dilengkapi dengan sistem audio yang canggih. Pada dasarnya, sistem audio mobil adalah kombinasi dari berbagai komponen yang bekerja sama untuk menghasilkan suara yang jernih di dalam kendaraan

    Manfaat dari sistem ini tidak hanya memberikan hiburan dalam perjalanan, tetapi juga meningkatkan pengalaman berkendara secara keseluruhan, sebab beberapa fitur seperti maps di layar dashboard dan telepon handsfree membutuhkan sistem audio agar bisa digunakan.

    Jenis-jenis Komponen Penting pada Sistem Audio Mobil

    Untuk menjalankan fungsinya, sistem audio pada mobil terdiri atas beberapa bagian atau komponen yang memiliki perannya masing-masing. Mulai dari head unit, amplifier, hingga rangkaian kabel dan konektor, berikut rincian komponen audio yang penting:

    • Head Unit

    Head unit adalah komponen sentral dalam sistem audio pada mobil yang biasanya berbentuk panel kontrol yang terletak di dashboard. Head unit memiliki beberapa fungsi utama yaitu sebagai sumber audio, pemutar CD/DVD, dan pemancar radio.

    Selain itu, head unit juga dapat terhubung dengan perangkat seluler melalui Bluetooth atau kabel AUX untuk memutar musik, siaran radio, hingga panggilan telepon dari perangkat lain.

    • Amplifier

    Amplifier bertanggung jawab untuk memperkuat sinyal audio dari sumber dan mengirimnya ke speaker sehingga meningkatkan kualitas suara dan menghindari distorsi. Amplifier juga memungkinkan pengguna mengatur volume secara presisi.

    • Crossover

    Sebelum sinyal audio diperkuat oleh amplifier, crossover berfungsi untuk membagi sinyal tersebut. Namun, komponen ini hanya digunakan pada speaker bersistem 2-way dan 3-way. Sedangkan audio mobil dengan sistem suara tidak memerlukannya.

    • Speaker

    Selanjutnya yaitu komponen speaker yang berfungsi mengubah sinyal listrik menjadi suara. Speaker terdiri dari satu atau beberapa driver, termasuk woofer untuk suara rendah, tweeter untuk suara tinggi, dan mid-range untuk suara menengah.

    • Kabel dan Konektor

    Meski letaknya tidak terlihat, namun kabel dan konektor merupakan bagian penting sebab berfungsi memastikan transmisi sinyal audio yang bersih dan minim gangguan, sehingga menghasilkan kualitas suara yang baik.

    Tips Menjaga Kondisi Sistem Audio pada Mobil

    Pixabay.com