Berita

    Simak Beberapa Fungsi Spoiler Mobil

    Kebanyakan orang masih menganggap bahwa spoiler mobil hanya aksesoris meskipun spoiler memiliki lebih dari satu fungsi dan bukan hanya pemanis. 

    Komponen penting lainnya dalam menjaga aerodinamis mobil adalah spoiler, yang sering ditemukan di bagian belakang dan sejajar dengan atap mobil. Mari pelajari apa saja fungsi spoiler pada mobil!

    Fungsi Penting Spoiler Mobil

    Salah satu bagian otomotif yang mempengaruhi aerodinamis kendaraan adalah spoiler. Fungsi utama spoiler adalah untuk meningkatkan downforce, atau tekanan ke bawah, pada mobil untuk mengurangi daya angkat yang disebabkan oleh akselerasi yang cepat. 

    Saat bergerak dengan kecepatan tinggi, gaya angkat pada mobil dapat menyebabkan mobil melayang dan menjadi tidak stabil, yang menyebabkan pengemudi kehilangan kendali.

    Spoiler mobil dapat meningkatkan penanganan mobil dan menaikkan tekanan bawah saat bergerak cepat. Efek aerodinamis yang lebih signifikan yang membuat roda tetap di tanah harus disalahkan.

    Biasanya, spoiler dipasang di bagian belakang kendaraan. Spoiler untuk sedan dipasang di atas pintu bagasi. Kendaraan hatchback tidak memiliki palka belakang. Oleh karena itu, spoiler dipasang di atap atau tepat di atas kaca belakang.

    Penempatan spoiler mobil harus seimbang dengan penempatan spoiler depan dan samping. Saat berkendara dengan kecepatan tinggi, memasang spoiler belakang saja bisa membuat mobil bergerak tidak menentu dan terkadang bergeser arah. 

    Spoiler depan biasanya diikat ke bumper, sedangkan spoiler samping ditempatkan di panel bawah kiri dan kanan pintu. Apa saja fungsi spoiler? Berikut di antaranya:

    • Ciptakan Aerodinamis untuk Mobil

    Seperti yang sudah dijelaskan, spoiler sering terlihat pada sedan, hatchback, atau minibus. Masuk akal juga jika beberapa pemilik mobil menganggap fungsi ini sebagai elemen dekoratif yang dapat memberikan tampilan yang lebih sporty pada kendaraan. 

    Pada kenyataannya, kurva spoiler menawarkan stabilitas superior, meningkatkan kinerja aerodinamis mobil.

    Saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi, spoiler dapat mengurangi drifting. Selain itu, mobil yang relatif ringan dapat memberikan kesan pengemudi melayang saat melaju kencang dan diterpa angin. 

    Mobil dapat benar-benar goyah dan membahayakan penumpang jika Anda tidak memiliki kendali yang kuat atas roda kemudi. Untuk mencegah hal ini, spoiler mobil menggunakan udara yang mengalir di atas atap mobil untuk menghasilkan gaya tekan.

    • Membersihkan Kotoran atau Debu yang Tertinggal