Berita

    Ciri-ciri Ban Mobil Harus Segera Diganti

    Anda sebagai pengendara mobil sebaiknya peka dengan kondisi ban, seperti contoh adalah mengganti ban ketika ia sudah waktunya untuk diganti. Jika Anda menyepelekan hal ini, maka Anda sendiri yang akan mendapatkan kerugiannya. 

    Nah, untuk peka terhadap kondisi ban mobil, Anda sebaiknya mengetahui sejumlah tanda yang menunjukkan bahwa ban harus segera diganti.

    10 tanda ban mobil harus diganti

    Ada beberapa ciri yang menandakan bahwa ban harus segera diganti. Sebagai langkah awal tindakan Anda mencegah kerugian yang disebabkan oleh ban, sebaiknya Anda mengetahui 10 tanda ban mobil harus diganti sebagai berikut

    • Ban telah berusia 3 tahun

    Idealnya, usia ban hanyalah 3 tahun. Jika ban Anda telah mencapai batas umur maksimal ini, sebaiknya Anda segera menggantinya. Tidak peduli apakah kembangannya masih tebal atau tidak.

    • Ban menempuh jarak 40.000 km

    Jika ban telah menempuh jarak 40.000 kilometer namun belum berusia 3 tahun, Anda pun sebaiknya segera menggantinya. Seperti contoh, mobil Anda sering menempuh jarak dekat dalam 2 tahun namun telah mencapai jarak 49.000 kilometer.

    • Ban gundul pada bagian tengah

    Pemakaian dan kebiasaan pengemudi dapat menyebabkan ban wajib segera diganti.

    Seperti contohnya, ban mobil Anda hanya gundul pada bagian tengah saja, namun pada bagian tepi kembangnya masih baik. Nah, apabila telah terjadi seperti ini, sebaiknya ban Anda wajib segera diganti. 

    • Ban gundul pada bagian tepi

    Seperti poin sebelumnya, ban gundul pada bagian tepi juga sebaiknya segera diganti. Contohnya, gundul hanya pada tepi luar, tepi dalam saja, atau bagian tepi yang lainnya.

    • Ban memiliki benjolan

    Benjolan disebabkan oleh tekanan udara yang sering kurang dari standar normalnya sehingga sejumlah bagian ban terpaksa harus menahan beban lebih berat dari bagian lain. Maka, bila terdapat benjolan, ia menandakan ketidakseragaman ketahanan ban. 

    Ketidakseragaman ketahanan ban berpotensi membuat ban Anda mudah pecah karena terdapat bagian yang sudah tidak kuat menahan tekanan udara.

    • Ban memiliki ketebalan mencapai batas TWI

    TWI atau Tread Wear Indicator merupakan batas standar keausan ban yang masih diperbolehkan untuk tetap dikendarai. Nah, apabila kembang ban mobil telah menyentuh segitiga TWI, maka ia wajib diganti.