Berita

    Water Repellent, Senjata Rahasia Untuk Musim Hujan

    Selain perlu Teknik tersendiri, mengemudi di saat hujan juga perlu persiapan yang matang. Salah satu persiapan yang bisa dilakukan adalah dengan memasangkan water repellent pada beberapa titik seperti kaca depan dan spion. Hal ini akan sangat membantu agar pandangan pengendara bisa lebih optimal. Pengemudi tidak perlu takut lagi jarak pandang terlalu rendah yang berpotensi menyebabkan kecelakaan karena salah perhitungan.

    Berdasarkan fungsi dasarnya, water repellent adalah cairan yang memberikan efek daun talas. Sehingga saat hujan tiba, air tidak akan menempel pada permukaan kaca dan langsung mengalir ke bawah. Walaupun tujuannya supaya air tidak menempel di kaca mobil, namun pada kenyataannya water repellent dapat digunakan untuk semua permukaan mobil, sehingga air hujan dapat langsung turun saat hujan tiba.

    Fungsi Water Repellent

    Salah satu kendala utama berkendara di musim hujan adalah air hujan yang menempel di kaca mobil sehingga mengganggu pandangan. Tidak hanya di kaca depan saja, namun air hujan yang menempel pada sisi kiri, kanan dan belakang mobil juga bisa mengganggu pandangan saat sedang berkendara. Disini water repellent berfungsi untuk mencegah air hujan menempel sehingga pandangan menjadi lebih jelas dan berkendara menjadi aman.

    Saat water repellent diaplikasikan pada kaca mobil, maka akan terbentuk sebuah lapisan licin pada kaca mobil dan memberikan efek daun talas. Dengan demikian air tidak lagi menempel dan langsung turun kebawah. Pada kaca depan jelas ini sangat memberikan keuntungan karena wiper dapat bekerja makin maksimal saat menyapu air hujan.

    Water repellent juga dapat diaplikasikan pada kaca spion, sehingga terbebas dari air yang menempel selama berkendara di musim hujan. Seperti yang sudah diketahui, kaca spion merupakan salah satu elemen yang sangat penting saat berkendara karena membantu pengemudi melihat objek lain yang berada di sisi belakang mobil.

    Kelebihan lain menggunakan water repellent, selain membuat air tidak menempel, juga dapat membuat eksterior lebih mengkilap dan kinclong. Selain itu juga dapat menghambat pertumbuhan jamur pada cat dan kaca mobil.

    Cara Menggunakan Water Repellent

    Cara menggunakan water repellent boleh dikatakan sangat sederhana. Yang pertama harus dilakukan adalah mencuci mobil sampai benar benar bersih dan tidak ada kotoran yang menempel pada kaca dan bodi mobil. Jangan lupa untuk benar benar mengeringkan mobil sampai sisa air dan sabun benar benar hilang. Ini dimaksudkan supaya water repellent dapat menempel dengan sempurna pada bodi mobil.