Berita

    Simak Penyebab Setir Mobil ke Kanan

    Setir yang lari ke arah kanan bisa berpotensi menimbulkan dampak yang fatal yaitu kecelakaan. Nah, memang apa sih hal yang menyebabkan setir mobil ke kanan? Lalu adakah cara untuk memperbaikinya?

    Untuk menjawab dua pertanyaan di atas, sebaiknya jangan lewatkan penjelasan informasi dalam artikel ini.

    Penyebab Setir Mobil ke Kanan 

    Terdapat 4 penyebab setir mobil lari ke arah kanan. Berikut ini poin-poin beserta penjelasan ringkasnya.

    • Onderstel mobil sedang mengalami kerusakan 

    Penyebab pertama setir ke kanan adalah karena ada kerusakan onderstel mobil. Salah satu penyebab kerusakan ini adalah karena terdapat kerusakan pada bagian tie rod yang dipicu keausan atau karat di bagian kaki roda ban mobil.

    • Onderstel mobil bergoyang atau kocak

    Terlalu sering mengebut juga merupakan penyebab setir bisa lari ke kanan. Karena, mengebut sendiri dapat menyebabkan onderstel mobil menjadi bergoyang atau kocak khususnya bagian kaki roda ban mobil.

    • Onderstel mobil sudah lama tidak diservis

    Salah satu penyebab setir mobil ke kanan adalah karena onderstel tidak pernah atau jarang atau sudah lama tidak diservis maupun tidak pernah mengalami pergantian. Maka dari itu, servis mobil secara rutin merupakan hal yang penting.

    • Sudut toe–out roda mobil semakin melebar

    Penyebab keempat mengapa setir mobil bisa ke kanan adalah karena sudut toe-out yang semakin melebar. Nah, kelebaran tersebut dipicu oleh pemasangan komponen onderstel yang tidak sempurna atau bisa juga karena mur pengunci tie rod bergeser.

    Jadi, itulah penyebab mengapa setir mobil ke kanan. Setelah memahaminya, marilah berlanjut pada pembahasan selanjutnya yakni solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut.

    Solusi Mengatasi Setir Mobil ke Kanan

    Terdapat solusi untuk mengatasi permasalah setir yang lari ke arah kanan. Di antaranya adalah 3 berikut ini.

    • Melakukan spooring dan balancing.

    Mengatasi setir mobil ke kanan bisa dilakukan dengan mensimetriskan roda depan dan belakang serta memastikan titik sumbunya. Teknik mensimetriskan roda belakang dan depan disebut spooring sedangkan memastikan titik sumbu roda disebut balancing.

    Tidak hanya dilakukan untuk ban saja. Namun kedua cara ini pun dilakukan untuk setir mobil.

    • Melakukan penggantian bagian onderstel roda ban