Berita

    Ketahui Komponen Mesin Mobil & Fungsinya

    Mesin mobil menjadi komponen mobil yang sangat penting. Mesin dengan kondisi yang rusak akan membuat kerja mobil jadi tidak optimal. Namun, jika mobil dirawat dengan baik, akan membuat mobil menjadi awet. 

    Untuk merawat mesin ini, Anda perlu mengetahui bagian-bagian mesin pada mobil. Hal ini akan membantu dalam perawatan tiap komponen sehingga tidak terjadi kerusakan karena salah rawat. 

    Memahami komponen pada mobil juga membantu Anda mengetahui bagian mana saja yang kira-kira rusak ketika mobil mogok. Untuk itulah Anda harus membaca artikel ini untuk informasi lebih jelasnya. 

    Dengan memahami komponen pada mobil, Anda bisa terbantu ketika terjadi adanya mogok atau mesin rusak. Dengan begitu, proses perbaikan menjadi lebih cepat. Inilah dia beberapa komponen mesin mobil tersebut. 

            1. Kepala Silinder

    Bagian selanjutnya yaitu kepala silinder pada mobil. Kepala silinder adalah bagian penutup blok silinder yang digunakan untuk menutup rongga pada silinder. 

    Ruang yang ditutup tersebut merupakan tempat pembakaran pada mobil. Hanya saat kepala silinder dipasanglah, pembakaran mesin mobil dapat terlaksana. 

            2.Carter

    Komponen mesin ini ada pada bagian bawah mesin mobil. Carter berfungsi untuk menampung pelumas pada mesin agar oli selalu ada. Sehingga tidak terjadi mesin cepat panas. 

    Karena jika tidak ada oli pada mesin, maka komponen akan saling bersinggungan dan membuat cepat panas hingga rusak. Antara carter ada gasket yang memiliki fungsi untuk mencegah kebocoran pada oli mobil. 

            3. Komponen Poros Engkol

    Bagian mobil ini juga disebut dengan crankshaft atau kruk as. Crankshaft merupakan komponen yang berguna untuk mengubah gerak naik dan turun piston agar menjadi gerakan putaran. 

    Selain itu, Crankshaft juga berfungsi untuk meneruskan gaya putar tersebut ke flywheel lalu dilanjut ke sistem pemindah tenaga. Sehingga mesin bisa berjalan normal. 

            4. Komponen Blok Silinder

    Komponen mobil lainnya yaitu blok silinder pada mobil. Blok silinder adalah komponen mesin mobil yang berfungsi untuk menopang bagian mesin mobil lainnya. Seperti oil pan, poros, kepala silinder dan piston.