Berita

    Ketahui Front Wheel Alignment Pada Kendaraan dan Sudutnya

    Kendaraaan roda empat atau mobil memiliki sebuah kaki-kaki yang memiliki peran penting. Beberapa contohnya yaitu seperti bushing, shockbreaker, hingga roda. Pada bagian roda, ada yang disebut dengan istilah wheel alignment atau yang dikenal juga dengan kelurusan roda.

    Komponen kelurusan roda memiliki peranan yang sangat vital pada mobil. Fungsi utamanya yaitu untuk menjaga kestabilan kendaraan. Kerusakan atau gangguan pada komponen ini bisa berakibat sangat fatal.

    Penjelasan Tentang Apa Itu Wheel Alignment

    Pemilik mobil pasti sudah tidak asing dengan istilah spooring and balancing. Dua istilah tersebut merupakan perawatan untuk kelurusan roda atau wheel alignment. Pasalnya, kelurusan roda wajib dijaga kestabilannya.

    Semua faktor dari sistem kemudi hingga suspensi mobil terintegrasi dengan komponen kelurusan roda. Dengan begitu, mobil menjadi lebih stabil dan kendaraan pun tetap nyaman dan aman saat dikendarai.

    Fungsi lain dari komponen tersebut yaitu membuat usia roda menjadi lebih awet dan tahan lama.

    Mengenal 5 Sudut Kelurusan Roda

    Perlu Anda ketahui, ada 5 sudut yang menentukan kelurusan pada roda mobil. Jika Anda sering merawat mobil dengan proses spooring, kelima sudut inilah yang diatur pada proses tersebut.

    Front wheel alignment pada kendaraan dan 5 sudutnya akan kami coba bahas di sini. Berikut kelima sudut tersebut.

    1.  Sudut Camber

    Fungsi dari sudut yang pertama ini yaitu untuk memberikan keseimbangan pada roda bagian depan yang memiliki kecenderungan ke bagian dalam. Sudut camber juga merupakan tingkat kemiringan roda bagian atas.

    Camber memiliki dua jenis sudut yang disebut dengan positif dan negatif. Sudut positif memiliki kemiringan ke arah luar sedangkan sudut negatif cenderung ke arah dalam.

    Camber positif umumnya digunakan pada mobil-mobil keluaran lama. Fungsi lain dari camber ini yaitu untuk menjaga kualitas ban agar tidak aus dan menambah daya tahan pada axle depan.

    2.  Sudut Caster

    Garis vertikal di bidang datar dan juga garis simetris kingpin ini merupakan bagian dari sudut caster. Fungsi sudut ini yaitu untuk merespon roda depan mobil pada sebuah tumpuan saat berbelok.

    Caster merupakan sudut yang bisa Anda lihat langsung dari samping mobil. Sudut ini juga memiliki dua jenis yaitu positif dan nol.