Berita

    Chasis Mobil : Pengertian , Fungsi & Komponennya

    Chasis mobil atau dikenal dengan sasis ini merupakan bagian paling penting dalam mobil.  Secara sederhana, chasis adalah rangka awal tahap perakitan mobil hingga menjadi kendaraan roda empat biasa digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Perangkat ini pada setiap mobil biasanya berbeda.

    Pengertian chasis 

    Chasis adalah rangka awal yang menjadi pondasi perakitan sebuah objek. Awal perakitan mobil berasal dari gabungan rangka dengan mesin dan komponen lainnya menjadi satu bentuk yang utuh. Itulah yang disebut dengan chasis mobil.

    Fungsi chasis mobil

    Berfungsi sebagai penopang dasar bagi beban kendaraan, mesin, dan komponen lainnya secara keseluruhan. Chasis juga berfungsi menjaga bentuk mobil agar tidak berubah dan tetap kaku sesuai dengan model yang telah ditetapkan. 

    Fungsi lainnya adalah pelindung dari benturan. Maka dari itu, chasis dibuat dari besi karena memiliki bahan yang kuat.

    Jenis-jenis chasis

    Terdapat lima jenis chasis dengan fungsi dan kemampuan masing-masing yang harus Anda ketahui.

    • Ladder Frame

    Bentuk chasis ini menyerupai tangga yang terbuat dari baja berbentuk balok dengan tambahan joint dan crossmember. Jenis mobil yang menggunakan chasis ladder frame adalah mobil Sport Utility Vehicle (SUV) dan multi-purpose vehicle (MPV). 

    • Monocoque Frame

    Chasis satu ini terbuat dari lembaran baja komposit yang digabungkan dan dipererat membentuk kerangka bodi mobil. Fungsinya adalah menyatukan rangka dengan bodi mobil yang dipasang di bagian tengah agar ruang kabin terlindungi dari benturan. Toyota New Avanza adalah jenis mobil yang menggunakan chasis jenis ini.

    • Backbone Frame

    Berbentuk tulang rangka utama tunggal terletak melintang panjang pada bagian tengah sehingga menghubungkan bagian depan dan belakang mobil. Kekurangannya adalah biaya produksi tinggi dan memiliki side effect.

    • Tubular Space Frame

    Terbuat dari sambungan pipa-pipa baja. Bentuknya bulat memberikan kekuatan maksimal dalam menahan beban. Selain itu, mampu memberikan kontrol agar roda tetap menyentuh saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi. Umumnya digunakan pada mobil balap.

    • Aluminium Space Frame

    Chasis ini terbuat dari aluminium yang ringan. Aluminium dinilai memiliki daya tahan yang kuat. Kekurangannya adalah proses perakitan rumit dengan melakukan pengecoran pada setiap sisinya. Bentuknya hampir sama dengan monocoque frame.